Selamat Datang di Blog Analis Kesehatan Pontianak, Semoga Blog kami bermanfaat bagi Anda. Jangan Lupa untuk meninggalkan komentar untuk kemajuan blog kami, terima kasih!

12 Oktober 2012

IMATELKI, wadahnya Mahasiswa Analis Kesehatan

Yang kita tahu selama ini ada sebuah organisasi yang menaungi alumni Analis Kesehatan atau para ahli teknologi Laboratorium yang kita kenal PATELKI. Namun saat ini telah dibentuk suatu organisasi untuk mahasiswa Analis Kesehatan sebagai wadah dan menjembatani pemikiran-pemikiran Mahasiwa Analis Kesehatan di lingkup Nasional.

22 September 2012

3 Mitos Palsu vs Cerita Logis

Analis Kesehatan - Lama gak posting nih gan, pas lagi browsing2 ketemu bahan bacaan menarik nih, buat memotivasi ato memberi semangat deh..

emang sih cuma copas, tapi mudah2an bacaan ini berguna untuk agan-agan semua..

oleh : Fajar Sastrowijoyo

dari kecil kita sering dijejali dengan cerita2 mitos dan penyederhanaan fakta yang ajaib oleh orang tua, guru, dan akhir2 ini MOTIVATOR2 yang membuat kita berpikir bahwa ada keajaiban di dunia dan dunia ini seperti negeri dongeng, ada keajaiban di dunia yang membuat semua orang bisa menjadi apapun yg mereka inginkan tanpa kecuali. Dan cerita2 tersebut tersebar luas dan akhirnya banyak dipercaya sebagai FAKTA yang dapat digunakan untuk membela diri terhadap kekurangan diri sendiri. Nah, karena sekarang kita sudah besar, maka saya akan mengulas beberapa mitos yang sebenarnya palsu itu. Mari kita mulai dari

4 Juli 2012

Pengumuman Hasil Tes Kesehatan sipensimaru Poltekkes 2012

Analis Kesehatan - untuk teman-teman yang tidak sedang berada di kota Pontianak dan tidak sempat untuk melihat hasil pengumuman test kesehatan di Poltekkes Pontianak secara langsung disini tersedia pengumuman test kesehatan sipensimaru Poltekkes pontianak tahun 2012 , tinggal klik aja Download atau Poltekkes, semoga bermanfaat dan sukses selalu bagi mahasiswa baru..

1 Desember 2011

pemeriksaan HIV/AIDS harus diulang

Analis Kesehatan - 1 Desember adalah hari HIV/AIDS sedunia, jadi cari-cari artikel tentang HIV/AIDS, eh dapat artikel yang seperti ini, yah, jadilah buat ngisi blog, copas aja dari kompas.com.
hehehe..

Orang yang sudah terinfeksi HIV bisa tampak sangat sehat karena virus itu baru menampakkan gejala sampai 10 tahun kemudian. Karena itu kita tidak bisa mengetahui seseorang terinfeksi atau tidak hanya berdasarkan pengamatan kasat mata saja. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah melalui tes darah.


Pemeriksaan HIV, menurut dr.Ekarini Aryasatiani, Sp.OG, harus dilakukan secara sukarela. "Pasien yang dicurigai tertular HIV juga akan dilakukan konseling oleh petugas mengenai prosedur dan keuntungan pemeriksaan," papar ketua kelompok kerja HIV di RSUD Tarakan Jakarta Pusat ini beberapa waktu lalu.

15 November 2011

JUDUL ? IT’S EASY

Lupakan nilai-nilai yang jeblok semester kemarin, lupakan buku perpustakaan yang belum dikembalikan, lupakan alat gelas yang pecah dan belum diganti, lupakan semester pendek yang jumlahnya sama dengan seluruh mata kuliah, lupakan ancaman dosen yang bilang kita tidak akan lulus tahun ini. Lupakan semua, lupakan !.
Jangan dulu pikirkan masalah-masalah yang akan datang besok, jangan pikirkan uji statistik apa yang dipakai, jangan pikirkan penelitian akan susah, jangan pikirkan seminar kita akan dibantai, jangan pikirkan rumah makan mana yang enak dan murah untuk konsumsi waktu sidang, jangan pikirkan membungkus apel dengan plastik warna-warni untuk hiasan meja, jangan pikirkan penelitian akan kurang sampel, jangan pikirkan printer belum punya, jangan pikirkan laptop penuh virus, jangan pikirkan status facebook akan kosong beberapa bulan ke depan. Jangan pikir kita tidak mampu, jangan !
Kita adalah hari ini, yang sedang mencari judul bagus, keren, bermanfaat, berbobot dan inspiratif. Kita akan menemukannya hari ini, dengan cepat, secepat kita logout dari internet sekarang juga, secepat kita membalas BBM, secepat kita menjawab komen-komen di status, secepat dosen pulang dari kantornya, secepat kita melupakan pelajaran di kelas barusan, secepat kita kehilangan hapalan pretest.
Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mendapat judul secepat itu ?

Fenomena KTI

Apa yang ada di benak setiap mahasiswa jika memasuki semester akhir ? hampir semua dipastikan akan menjawab sama, tugas akhir ! bagi mahasiswa Diploma III Analis Kesehatan namanya Karya Tulis Ilmiah (KTI). Ini adalah mata kuliah wajibdan penting, saking pentingnya sampai sampai mahasiswa dipaksa dapat B, kalau kurang dipaksa mengulang.
Ya, bisa dikatakan ini adalah mimpi buruk atau bagi tiap mahasiswa, makan tak akan nikmat sebelum ketemu si judul, kantin pun sepi, berat badan menurun, wajah pucat, kadar Hb di bawah normal, rambut kusam. Lupa mandi, lupa ibadah, tapi status online terus. Masuk kelas seakan warung kopi karena semua menggosipkan judul, yang sudah ketemu sumringah, yang belum makin stress melihat temannya bahagia di atas deritanya. Maka facebook dan twitter pun penuh oleh keluhan, makin dikomen makin kepanasan.

25 Oktober 2011

Prodi Baru Untuk D-IV Analis Kesehatan Pontianak

Analis Kesehatan - Program Studi D-IV Analis Kesehatan Pontianak
Politeknik Kesehatan Kemenkes Pontianak
Jurusan Analis Kesehatan

Menerima Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2012/2013

Latar Belakang
Dalam upaya mendukung misi kementerian kesehatan dan untuk mencapai visi badan PPSDM kesehatan, maka tersusunlah misi badan PPSDM kesehatan yaitu;
  1. Memenuhi jumlah, jenis, dan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan sesuai yang direncanakan dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan kesehatan.
  2.  Menyelaraskan pengadaan SDM melalui pendidikan dan pelatihan dengan kebutuhan SDM kesehatan dalam mendukung pembangunan Kesehatan.
  3. Menjamin Pemerataan, pemanfaatan dan pengembangan SDM kesehatan dalam pelayanan kesehatan kepada masarakat.
  4. Meningkatkan pembinaan dan pengawasan mutu SDM kesehatan.
  5.  Memantapkan manejemen dan dukungan kegiatan teknis serta sumber daya pengembangan dan pemberdayaan SDM kesehatan.


26 Juli 2011

Alverno dan Mycobacterium leprae penyebab kusta

Analis Kesehatan - Sabtu, 9 Juli 2011. Seluruh Mahasiswa Angkatan XI Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Pontianak berkunjung ke RS Khusus Alverno di Singkawang, Rumah Sakit yang lebih spesifik menangani kasus Kusta.  Jadi Postingan kali ini kita membahas tentang kusta.
Sekilas tentang kusta/lepra, Sebagian orang menganggap, “kusta/lepra itu adalah penyakit kutukan atau adanya guna-guna ilmu gaib, sehingga penderita diasingkan dihutan”. Tetapi itu salah, disini akan dibahas tentang Lepra dan Bakteri penyebabnya.