Selamat Datang di Blog Analis Kesehatan Pontianak, Semoga Blog kami bermanfaat bagi Anda. Jangan Lupa untuk meninggalkan komentar untuk kemajuan blog kami, terima kasih!

11 Maret 2010

zat pembentuk Hemopoeisis

Untuk kelangsungan Hemopoeiesis diperlukan beberapa bahan seperti :
1. Asam amino. Merupakan bahan dasar protein dan polipeptida. Kekurangan asam amino menyebabkan anemia karena penurunan eritropoeiesis.
2. Mineral : besi , mangan, dan kobalt. Besi merupakan salah satu unsur pembentuk hemoglobin sedangkan tembaga mempengaruhi metabolisme besi.
3. Vitamin : Vitamin B12, asam folat, vit.C, E, dan B6 (piridoksin), tiamin, riboflavin, asam pentotenat. Kekurangan asam folat menyebabkan anemia sampai pansitopenia karena terjadi gangguan sintesa DNA. Pada keadaan ini sel-sel darah mengalami perubahan dalam struktur intinya dan menjadi lebih lebar. Sel-sel darah denikian ini kebanyakan mati sebelum mencapai tingkat kematangan sehingga terjadi pansitopenia. Keadaan ini di sebut dishemopoesis atau inefektif hemopoesis. Kekurangan vitamin B12 kecuali mengganggu sintesa DNA juga mengganggu pembentukan myelin sehingga akan terlihat gambaran darah terlihat sel membesar ditambah gangguan pada syaraf.
4. Hormon : androgen dan tiroid. Hormon androgen merangsang eritropoesis dan banyak digunakan untuk pengobatan anemia aplastik. Peranan hormon tiroid pada hemopoeiesis terutama menarik perhatian karena penderita hipotiroid biasanya anemia ringan sampai sedang.
5. Bahan perangsang (stimulating Faktor) seperti : eritropoetin yang semula berasal dari ginjal, penemuan-penemuan kemudian menunjukkan ginjal membentuk eritrogenin yang kemudian mengubah eritropoetinogen yang berasal dari hati menjadi eritropoetin. Eritropoetin meningkatkan pembentikan eritrosit melalui beberapa cara, terutama dengan meningkatkan proliferasi dan defferensiasi dari stem cell eritrosit. Trombopoetin, sejalan dengan eritropoetin menrangsang pembentukan trombosit melalui peningkatan jumlah megakariosit. Trombopoetin terutama dibentuk dalam hati. Granulopoetin merangsang pembentukan netrofil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda sangat berpengaruh dalam kemajuan blog ini..
jadi mohon komentarnya, no spam, no porn..
silahkan untuk menampilkan nama sebelum komentar..