Selamat Datang di Blog Analis Kesehatan Pontianak, Semoga Blog kami bermanfaat bagi Anda. Jangan Lupa untuk meninggalkan komentar untuk kemajuan blog kami, terima kasih!

14 Mei 2011

Jurusan Analis Kesehatan Pontianak

Akhirnya bisa Online lagi, setelah sekian lama ngurus ini, itu dan lain sebagainya.
Siang ini giliran ngeblog deh, karena sudah lama tidak ngeblog nih.
Dikarenakan banyak permintaan postingan tentang analis kesehatan, jadi saya akan postingkan informasi tentang analis kesehatan untuk menambah pengetahuan juga, walaupun sedikit..
hehe..


Faktanya selama ini masyarakat lebih mengenal dokter, perawat, bidan, apoteker. Sedangkan analis kesehatan jarang dikenal.
Analis kesehatan atau pranata laboratorium adalah bagian dari profesi di bidang kesehatan yang bekerja di laboratorium untuk melakukan pemeriksaan lab sebagai penunjang diagnosa dokter, mengetahui perkembangan penyakit, mengetahui obat yang paling baik untuk penyakit atau tujuan lain.

Seorang analis harus memiliki keterampilan dan tanggung jawab yang tinggi dalam pemeriksaan sampel. Hal ini berhubungan dengan adanya risiko yang fatal jika terjadi kesalahan. Profesi apapun sudah semestinya dilakukan dengan ketulusan. Seperti juga menjadi seorang analis yang berhubungan dengan nyawa manusia.

Untuk Peluang kerja, jangan diragukan karena Analis kesehatan bisa bekerja di semua laboratorium yang berhubungan dengan kesehatan seperti di lab Patologi anatomi, lab patologi klinik, lab forensic, lab mikrobiologi, lab imunologi, lab kimia kesehatan, dll. Baik itu dirumah sakit, laboratorium kesehatan milik pemerintah, lab-lab klinik swasta, BPOM, laboratorium perusahan makanan/minuman, dan instansi-instansi lain yang ada laboratorium kesehatannya.

Semakin maju ilmu pengetahuan dan teknologi, kualitas layanan kesehatan semakin meningkat. Dengan adanya laboratorium diagnosis yang diberikan dokter akan lebih akurat tidak hanya sebatas dilihat dari gejala klinis, perkembangan penyakit bisa dipantau, pemilihan obat yang untuk suatu penyakit, dan masih banyak lagi kegiatan dilaboratorium yang sangat bermanfaat bagi dunia kesehatan.
Jumlah analis kesehatan masih sedikit sementara seiring dengan perkembangan IPTEK jumlah laboratorium kesehatan semakin bertambah banyak sehingga tenaga analis kesehatan sangat dibutuhkan. Jumlah analis kesehatan yang sedikit itu disebabkan karena faktor sekolah/universitas untuk calon-calon analis kesehatan ini masih sangat jarang, yang berstatus negeri dapat dihitung jari (di Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan). Kuliah buat calon petugas laboratorium ini umumnya baru sebatas diploma, untuk S1 baru ada di Univ. Hasanuddin dengan nama Teknologi Laboratorium Kesehatan.
Untuk Diploma di Pontianak saudara bisa berkunjung di Politeknik Kesehatan pontianak jln. 28 oktober Pontianak dan juga di kampus Analis Kesehatan jln. dr. Soedarso Pontianak..

Diploma analis kesehatan bisa melanjutkan D-IV Analis Kesehatan atau strata satu (S1) Teknologi laboratorium Kesehatan, Kesehatan Masyarakat, farmasi, Biologi, dll (prodi S1 yang namanya Analis kesehatan belum ada). Untuk beberapa tahun kedepan sepertinya bakalan ada prodi strata satu (S1) Analis Kesehatan, organisasi profesi analis kesehatan PATELKI (Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia) sedang mengusahakanya.

Karena Pemeriksaan Laboratorium itu penting. Jadi jangan ragu untuk mendaftarkan anak anda ke Analis kesehatan dikarenakan peluang kerja masih tinggi.
semoga bermanfaat.. ^_^

bahan bacaan :
http://kesehatan.kompasiana.com

2 komentar:

komentar anda sangat berpengaruh dalam kemajuan blog ini..
jadi mohon komentarnya, no spam, no porn..
silahkan untuk menampilkan nama sebelum komentar..